PENGERTIAN PING


Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Groper adalah program yang digunakan untuk memeriksa konektivitas komputer dalam suatujaringan yang berbasiskan TCP/IP (Transmission Control Protocol /Internet Protocol). Dengan program ping ini, kita dapat memeriksa apakah suatu komputer terhubung dengan komputer lainnya. Caranya, program ini akan mengirimkan sebuah paket ICMP (Internet Control Message Protocol)/echo request menuju alamat IP komputer yang hendak diuji, kemudian menerima respons / echo reply, bahwa paket tersebut
telah terkirim.


Ping sendiri awalnya diciptakan oleh Mike Muuss, pada tahun 1983. Terinspirasi dengan sifar sonar kapal selam dalam menemukan suatu objek, yaitu mengirimkan sinyal sonar dan dipantulkan kembali oleh objek. Analogi dengan ping, yaitu mengirimkan paket data dan dibalas dengan paket juga.

Karena kemampuannya untuk menguji konektivitas sepasang mesin jaringan, Ping merupakan program yang powerful dalam troubleshouting jaringan. Seringkali diagnosa awal troubleshouting jaringan menggunakan program ini. Saat ini ping merupakan program standar bawaan mesin-mesinWindows, Mac, linux, BSD dan OS lainnya. Dalam pengoperasiannya, ping dapat berjalan tanpa perlu GUI, cukup diatas command line pada cmd atau terminal.

0 komentar:

Posting Komentar